Contoh Angket untuk Mengetahui Gaya Belajar yang Dimiliki Seseorang
ANGKET
GAYA BELAJAR
Petunjuk
Pengisian Angket
Pilihlah
jawaban yang paling sesuai dengan kondisi yang kalian alami dengan cara memberi tanda
silang (X). Angket ini bertujuan untuk
mengetahui gaya belajar siswa
yang lebih dominan.
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
1
|
Saya lebih
suka mendengarkan informasi dari sumber lain
(seperti dari kaset atau orang lain) daripada membaca buku
|
|
|
2
|
Saya lebih
suka membaca dari pada mendengarkan penjelasan pengajar
di depan kelas
|
|
|
3
|
Saya lebih suka menjelaskan materi pelajaran dengan kata-kata daripada
melalui tulisan
|
|
|
4
|
Saya suka
menulis surat, ringkasan pelajaran atau buku harian
|
|
|
5
|
Dalam belajar, saya cenderung ingin melakukan segala sesuatunya dengan
kemampuan saya
|
|
|
6
|
Saya sering mendengarkan suara musik ketika belajar atau mengerjakan
tugas pelajaran
|
|
|
7
|
Ketika mengerjakan soal matematika saya lebih paham ketika ada contoh
soalnya dan saya mengerjakannya sendiri.
|
|
|
8
|
Saya bisa
dengan mudah mempelajari syair dan nada dari lagu-lagu yang saya dengar.
|
|
|
9
|
Ketika
mendengarkan orang lain berbicara, saya biasanya membuat gambar dari apa yang
mereka katakan dalam pikiran saya.
|
|
|
10
|
Saya suka
olahraga dan sepertinya saya olahragawan yang baik.
|
|
|
11
|
Mudah sekali
bagi saya untuk mengobrol dalam waktu yang lama dengan kawan saat berbicara
di telepon.
|
|
|
12
|
Tanpa musik
hidup amat membosankan.
|
|
|
13
|
Saat melihat
objek dalam bentuk gambar, saya dapat dengan mudah mengenali objek yang sama
walaupun posisi objek itu diputar atau diubah.
|
|
|
14
|
Saya banyak bicara, suka berdiskusi dan menjelaskan panjang lebar dalam
belajar matematika.
|
|
|
15
|
Saat mengingat
suatu pengalaman, saya sering kali melihat pengalaman itu dalam bentuk gambar
di dalam pikiran saya.
|
|
|
16
|
Saya menggerakkan bibir atau melafalkan bahan bacaan matematika yang saya
baca.
|
|
|
17
|
Saya lebih suka menggunakan suatu alat peraga dengan mengutak atiknya
daripada mengikuti prosedur penggunaannya.
|
|
|
18
|
Saya sering
mencoret-coret kertas saat berbicara di telepon atau dalam kegiatan belajar
mengajar di kelas.
|
|
|
19
|
Saya lebih
suka melakukan contoh peragaan dari pada membuat laporan tertulis atas suatu
kejadian.
|
|
|
20
|
Saya lebih
suka membacakan cerita daripada mendengarkan.
|
|
|
21
|
Saya biasanya
berbicara dengan perlahan.
|
|
|
22
|
Saya lebih
suka berbicara dari pada menulis.
|
|
|
23
|
Tulisan tangan
saya biasanya tidak rapi.
|
|
|
24
|
Saya biasanya
menggunakan jari saya untuk menunjuk kalimat yang saya baca.
|
|
|
25
|
Saya dapat
dengan cepat melakukan penjumlahan dan perkalian dalam pikiran saya.
|
|
|
26
|
Saya suka membaca buku dan menamatkannya dengan cepat.
|
|
|
27
|
Saya tidak bisa konsentrasi saat membaca buku apabila disekeliling saya
ada suara music atau suara-suara lainnya.
|
|
|
28
|
Saya suka
mencatat perintah/ intruksi yang disampaikan pada saya.
|
|
|
29
|
Saya paling
mudah belajar sambil mempraktekkan atau
melakukan
|
|
|
30
|
Sangat sulit
bagi saya untuk duduk dalam di kelas dalam waktu lama.
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar